Kamis, 19 November 2015

Pengrajin Emping Desa Wisata kalakijo

Siapa sih yang tidak mengenal cemilan Emping Mlinjo?
Makanan ini cukup populer dan biasanya menjadi salah satu menu wajib untuk menikmati opor maupun soto.Emping mlinjo merupakan salah satu produk dari desa wisata Kalakijo, anda dapat melihat proses pembuatan sekaligus mencoba membuat emping. 

Beberapa warga kalakijo memang masih mempertahankan profesinya sebagai pembuat embing. Alat yang digunakan pun masih sangat sederhana dan tradisional. Desa Wisata kalakijo memang terkenal dengan sentra batik tulis, emping mlinjo dan ayam ingkung.


Emping melinjo dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu emping tipis dan emping tebal. Emping tipis dibuat dengan memukul biji melinjo tanpa kulit keras beberapa kali sampai cukup tipis ( tebal 0,5-1,5 cm). Emping tebal dibuat dengan memukul biji melinjo tanpa kulit keras hanya 1-2 kali sekedar mengurangi ketebalan biji.
Pengrajin Emping Desa Wisata Kalakijo sudah lama dan terkenal disekitar jogja dan Bantul.

Mbak menik merupakan salah satu warga yang terbantu oleh pemberdayaan masyarakat oleh ingkung Kuali. Karena semakin banyak yang datang ke Ingkung Kuali semakin banyak yang mengenal pengrajin emping ini.

0 komentar:

Posting Komentar