Selasa, 25 Agustus 2015

Sejarah Ingkung Kuali Kalakijo


Ingkung Kuali Kalakijo merupakan salah satu warung ingkung tradisional tertua yang ada di Bantul.
Keistimewaan dari ingkung kuali yaitu didirikan atas Gotong royong masyarakat sekitar yang bertujuan untuk memberdayakan dan menopang perekonomian masyarakat desa dibawah kepengelolaan Desa Wisata kalakijo.
Selain itu  profit yang diperoleh digunakan untuk kesejahteraan masyarakat setempat dan pendidikan untuk anak kurang mampu melalui yayasan beasiswa yang bernama HoshiZora Foundation.
Ayam ingkung yang diolah merupakan asli ayam jawa dari peternakan sekitar bantul sehingga kami berani memberikan garansi bahwa yang dimasak adalah ayam kampung asli. Nah itu tadi sekilas mengenai berdirinya ingkung kuali kalakijo.

Filosofi Ayam Ingkung
Ayam ingkung sudah ada sejak zaman dahulu yang dimasak oleh para nenek moyang kita dengan bumbu rempah tradisional. Biasanya disajikan pada acara tirakatan, maulid nabi Muhammad SAW, kenduri serta hajatan. Ingkung (njerekungkung) diambil dari istilah jawa yang memiliki filosofi dari karakter ayam jago. Ayam jago memiliki ciri khas gagah berani, sok jagoan, suka mengawini banyak ayam betina kemudian meninggalkannya.
Ayam Ingkung diikat ketika dimasak melambangkan bahwa karakter atau nafsu yang dimiliki harus diikat/ ditundukan sehingga dapat "njerekungkung" mengkiaskan sujud kepada Sang Pencipta.
Ingkung kuali dimasak menggunakan racikan bumbu tradisonal rempah-rempah tanpa ada tambahan penyedap atau moto. Namun demikian tidak mengurangi citarasa dan kelezatannya.

Warung Ingkung Kuali menyajikan aneka menu ayam ingkung seperti ingkung original/areh, ingkung goreng, ingkung rica-rica dan ingkung bakar. Selain itu ada pula menu paket ingkung potong yaitu paket hemat muali 25k, paket lengkap 1/4 potong ayam harga mulai 37k dan paket mini ingkung burung puyuh seharga 14k. Bisa dipesan delivery (0815-8463-4171) untuk acara tasyakuran maupun hadiah/for gift untuk sodara.https://www.facebook.com/ingkungkuali.kalakijo

Lokasinya yang sejuk karena terletak ditengah perkebunan tebu yang di apit oleh bukit. warung Ingkung Kuali menyedikan lahan untuk Outbound, camping Ground, serta bamboo hall untuk meeting room. lahan parkir pun tersedia cukup luas sehingga memudahkan pengunjung untuk memarkirkan kendaraannya ketika berkunjung.https://twitter.com/IngkungKuali

Bagi anda pecinta kuliner sebaiknya menyempatkan diri untuk mampir ke Ingkung kuali dan membuktikan sendiri kelezatan ayamnya.

0 komentar:

Posting Komentar