Kamis, 08 Oktober 2015

Trancam, sayuran Khas Jawa Tengah


Menurut catatan Sejaran Trancam tercatat pertama kali diperkenalkan di Jawa Tengah. Bagi orang jawa dan sekitarnya trancam tentu sudah tidak asing lagi. Berbeda dengan urap, trancam dibuat dari sayuran segar seperti kol, kacang panjang, touge, mentimun yang dipotong-potong kecil dan parutan kelapa yang menghasilkan rasa gurih dan nikmat.
Menurut orang jawa Trancam memiliki bnyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh mereka, oleh karenanya makanan ini sering digunakan sebagai menu pendamping masakan goreng/bakar.
Menurut para ahli timun dan kacang panjang memiliki gizi yang sangat cukup untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal itu terjadi karena mentimun mengandung kalium yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi natrium dalam tubuh.


Mengkonsumsi sayuran mentah banyak manfaatnya bagi kesehatan karena banyak mengandung enzim yang sangat dibutuhkan tubuh kita untuk mencerna makan. Tingginya serat pada sayuran mentah membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes, membantu membersihkan usus, efektif membantu pembakaran lemak cocok sekali untuk program pelangsingan tubuh. Sayuran mentah juga mengandung nutrisi tinggi yaitu vitamin dan mineral
.
Kacang Panjang, sayuran ini mengandung betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, protein, tiamin, riboflavin, fosfor, zat besi, serat dan pektin. Sayuran ini bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, memperkecil resiko stroke, serangan jantung, mengatasi sembelit dan meningkatkan organ pencernaan.
       Taoge pendek, kecambah atau tokolan, sayuran yang bentuknya pendek dan putih bersih yang dihasilkan dari kacang hijau atau kedelai ternyata banyak manfaatnya. Taoge mengandung senyawa antioksidan yang lengkap terutama vitamin A, vitamin C dan vitamin B. Membantu memperlambat penuaan dini, mencegah penyebaran sel kanker, meningkatkan kesuburan, karena bersifat basa taoge juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan pencernaan keasaman lambung, untuk kecantikan karena membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi kolesterol dalam darah.
 
Kemangi adalah salah satu tumbuhan berbentuk perdu dan mempunyai pohon tegak dengan cabang yang banyak, kemangi ini bisa hidup dimana saja. Bagian tumbuhan ini yang bisa dikonsumsi adalah daunnya. Khasiat daun kemangi untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan. Daun kemangi mengandung betakaroten, magnesium dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. 
Daun kemangi ini ternyata juga mempunyai banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya, penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri pada payudara, mengatasi batu ginjal, mengatasi keluhan flu, cacingan, sembelit, perut kembung, masuk angin, mengatasi kejang. Disamping itu daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan hormon estrogen. Selain itu daun kemangi juga mengandung senyawa Arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. 
Kemangi yang mungkin sekilas hanya sekedar bermanfaat sebagai lalapan, dengan manfaat dan khasiat yang banyak tadi tentu diharapkan akan merubah pikiran anda agar sering mengkonsumsi daun kemangi ini, bagi yang belum suka diharapkan mulai menyukainya karena tidak akan ada ruginya jika anda mengkonsumsinya. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati
 
Di warung Ingkung Kuali menyediakan Trancam sebagai menu pelengkap dalam menikmati ayam Ingkung. Citarasa segar yang dihasilkan oleh sayuran segar berpadu dengan bumbu pedas serta gurihnya parutan kelapa tentu akan menambah selera makan anda.
Bagi anda yang penasaran dengan bagaimana rasa dari Trancam, anda dapat membuktikan sendiri dengan cara berkunjung ke Warung Ingkung Kuali Kalakijo, yang beralamat di Kompleks desa Wisata kalakijo rt 02 Pajangan -Bantul. (Selatan LP Pajangan) atau reservasi di 085701101122

 

0 komentar:

Posting Komentar